bahaya Sering Menggunakan Gawai Sebelum Tidur

5 Risiko Sering Menggunakan Gawai Sebelum Tidur, Salah satunya Stres

Setiap orang membutuhkan smartphone karena merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup. Dari saat mereka bangun hingga tidur, sepertinya seseorang selalu berada di dekat perangkat mereka. Dengan perangkat ini, akan lebih mudah untuk berbicara dengan orang dan menemukan berbagai jenis informasi.

Seseorang juga dapat merasa lebih baik setelah seharian bekerja. Tetapi teman Fimela mengatakan bahwa meskipun gadget memiliki banyak kegunaan, terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain dengannya dapat menyebabkan kerusakan. Apalagi jika Anda sering memainkan perangkat ini sebelum tidur.

Dari laman healthline.com, banyak sekali hal buruk yang bisa terjadi pada kesehatan Anda jika Anda bermain gadget sebelum tidur. Risiko tersebut antara lain membuat Anda lebih cenderung merasa stres dan membuat tubuh Anda merasa lelah di pagi hari. Berikut adalah beberapa masalah terbesar yang bisa datang dari penggunaan perangkat sebelum tidur.

Risiko Sering Menggunakan Gawai Sebelum Tidur,

Kurang fokus

Para ahli mengatakan bahwa kemampuan seseorang untuk fokus akan turun jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar sebelum tidur. Hal ini juga membuat seseorang lebih cenderung kehilangan fokus di tempat kerja, saat berinteraksi dengan orang lain, atau saat melakukan tugas sehari-hari. Beberapa orang juga berpikir bahwa menggunakan perangkat seluler sebelum tidur dapat membuat lebih sulit untuk berpikir dan mengingat.

Lelah ketika bangun

Mungkin sepertinya bukan ide yang baik untuk bermain dengan ponsel Anda tepat sebelum tidur. Tapi bahaya ini tidak akan muncul untuk sementara waktu. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di Gawai sebelum tidur, Anda mungkin merasa sangat lelah saat bangun tidur. Ini karena mereka kurang istirahat dan tidak bisa fokus juga.

Baca Juga:  5 cara untuk mengurangi penggunaan Smartphone terlalu banyak

Tidur kurang nyenyak

Bermain dengan ponsel juga dapat membuat Anda sulit tidur nyenyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan orang tidak tidur nyenyak karena mereka menggunakan ponsel mereka tepat sebelum tidur. Orang-orang ini mengatakan bahwa mereka tidak bisa tidur nyenyak dan, bahkan ketika mereka mencoba untuk tidur nyenyak, mereka sering memikirkan perangkat mereka.

Tingkat melatonin turun

Apa yang melatonin lakukan? Saat gelap, otak membuat hormon yang disebut melatonin. Hormon ini membantu dengan hal-hal seperti tidur dan terjaga yang terkait dengan jam internal tubuh. Ketika tingkat melatonin turun, otak tidak tahu kapan harus tidur dan kapan harus bangun. Ini karena cahaya biru dari layar membuat melatonin turun. Ini juga memengaruhi suasana hati, emosi, dan perasaan Anda, serta cara Anda tidur.

Lebih cenderung merasa stres

Orang yang menggunakan ponsel dan media sosial sebelum tidur lebih cenderung merasa stres. Ini karena pikiran orang itu hanya ada di perangkat. Ketika seseorang tidak dapat memahami apa yang dia lihat di layar, dia cenderung merasa stres. Beberapa hal yang dilihat orang di media sosial bisa membuat mereka sedih, marah, kecewa, atau bahkan putus asa dan terlalu berlebihan.

Ini adalah beberapa hal buruk yang bisa terjadi jika Anda bermain ponsel sebelum tidur. Sebelum Anda tidur, pikirkan betapa berbahayanya gadget, dan cobalah untuk lebih bijak dalam menggunakannya setiap hari. Saya harap Anda dapat menggunakan informasi ini.