cara Meningkatkan Konsentrasi

10 Tips Meningkatkan Konsentrasi Anda

Saya sering terganggu dan kemudian mudah bermimpi, bahkan saat membaca atau bekerja. Setelah banyak penundaan yang disebabkan oleh kebiasaan distraksi, saya perlahan mencoba memperbaiki diri melalui perubahan kecil yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Di era informasi yang berlebihan, sangat sulit untuk fokus dan memperhatikan tugas yang ada. Yoshare telah mengumpulkan serangkaian teknik untuk memerangi gangguan untuk meningkatkan fokus dan meningkatkan produktivitas.

Jika Anda mengalami kesulitan menyelesaikan tugas atau ujian penting, atau meluangkan waktu untuk sebuah proyek, Anda mungkin berharap lebih fokus. Cobalah langkah-langkah ini untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus.

Bagaimana cara meningkatkan Konsentrasi ?

Rata-rata, seseorang perlu menyediakan sekitar 34 gigabyte informasi dan 100.500 kata per hari. Sementara itu, pekerja kantor diinterupsi setiap 11 menit, dan dibutuhkan rata-rata 25 menit untuk sampai ke tempat kerja sebelum gangguan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kemampuan kita untuk fokus dipengaruhi oleh pengaruh lingkungan.

Fokus memungkinkan kita untuk membangun dunia batin kita sehingga pikiran, motif, dan emosi kita didahulukan.

Kemampuan untuk fokus dimulai sejak dini dan berkontribusi pada kesuksesan seumur hidup. Faktor-faktor tertentu di masa kanak-kanak dan remaja dapat mendorong atau menghambat perkembangan keterampilan yang memungkinkan Anda untuk fokus dalam jangka waktu yang lama.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak prasekolah yang memandang ke depan sering mengalami kesulitan untuk tetap terjaga, yang dapat meningkatkan risiko putus sekolah.

Berikut adalah kumpulan cara meningkatkan fokus untuk membantu Anda meningkatkan daya ingat dengan lebih baik.

1. Latih otak Anda

Memainkan jenis permainan tertentu dapat membantu Anda lebih fokus. berpartisipasi – terlibat

  • sudoku
  • Teka teki silang
  • catur
  • Teka teki silang
  • Pencarian kata atau acak
  • permainan memori

2. Luangkan waktu untuk berolahraga

Olahraga teratur membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus. Gerakan itu baik untuk semua orang. Sebuah studi tahun 2018 yang menguji 116 siswa kelas lima menemukan bukti bahwa aktivitas fisik harian dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan hanya setelah 4 minggu.

Jika Anda kesulitan mencari waktu untuk berolahraga atau tidak ingin pergi ke gym, coba pikirkan cara-cara yang menyenangkan untuk berolahraga sepanjang hari. Saat Anda meningkatkan detak jantung, Anda sedang berolahraga. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Bisakah Anda mengantar anak Anda ke sekolah?
  • Bisakah Anda bangun 20 menit lebih awal setiap pagi untuk jogging di lingkungan Anda?
  • Bisakah Anda membagi belanja mingguan Anda menjadi dua atau tiga jalan kaki atau bersepeda?
  • Bisakah Anda berjalan ke kedai kopi daripada mengemudi?
🔥 TRENDING :  2 Cara Mudah Screenshot di Laptop Atau Komputer

3. Habiskan waktu bersama alam

Jika Anda ingin meningkatkan konsentrasi secara alami, cobalah keluar setiap hari, bahkan selama 15-20 menit. Anda dapat berjalan-jalan sebentar di taman. Duduk di taman atau di trotoar dengan banyak pohon. Setiap lingkungan alam kondusif untuk kesehatan.

Temuan ilmiah semakin menekankan efek positif dari lingkungan alam. Penelitian dari tahun 2014 menunjukkan bahwa menanam tanaman di kantor meningkatkan fokus dan produktivitas di tempat kerja, serta kenyamanan dan kualitas udara di tempat kerja.

4. Meditasi

Saya baru saja mulai bermeditasi dan menyadari bahwa saya seharusnya bermeditasi sebelumnya. Meditasi sangat baik untuk kesehatan mental. Meditasi adalah cara terbaik untuk meningkatkan fokus yang harus dicoba oleh setiap orang.

Meditasi bukan hanya duduk dan memejamkan mata. Yoga, pernapasan dalam, dan banyak aktivitas lainnya dapat membantu Anda bermeditasi.

5. Tidur yang cukup

Kekurangan tidur bisa mengusik fokus, belum juga peranan kognitif yang lain seperti memory dan perhatian.

Insomnia kadang-kadang kemungkinan tidak mengakibatkan banyak permasalahan. Tapi tidak memperoleh tidur malam yang bagus dengan teratur bisa mempengaruhi situasi hati dan performa Anda pada tempat kerja.

Berasa benar-benar capek bisa perlambat reaksi Anda dan mempengaruhi kekuatan Anda untuk berkendara atau lakukan tugas setiap hari yang lain.

Jam kerja yang repot, permasalahan kesehatan dan factor yang lain kadang membuat susah untuk memperoleh tidur yang memadai. Tapi penting untuk coba sedekat kemungkinan dalam jumlah yang dianjurkan hampir di tiap malam.

Banyak pakar mereferensikan supaya orang dewasa tidur 7-8 jam tiap malam.

Membenahi tidur bisa juga berguna. Beberapa panduan cepat:

  • Matikan TV satu jam saat sebelum tidur dan taruh handphone Anda.
  • Menjaga ruang tidur Anda pada temperatur yang nyaman tapi sejuk.
  • Saat sebelum tidur, bersantailah dengan musik yang menentramkan, mandi air hangat atau membaca buku.
  • Pergi tidur pada saat yang sama tiap hari dan bangun pada saat yang sama diakhir minggu.
  • Berolahragalah dengan teratur, tapi coba untuk menghindar olahraga berat pas saat sebelum tidur.

6. Istirahatlah

Bagaimana Anda tinggalkan tugas atau kerjakan tugas rumah Anda? Gagasan ini kemungkinan terlihat bersimpangan dengan insting, tapi beberapa pakar menjelaskan itu betul-betul sukses.

🔥 TRENDING :  Begini Cara Buat Tulisan Warna-warni di WhatsApp

Pikirkan keadaan berikut ini: Anda sudah kerjakan project yang serupa sepanjang beberapa saat dan mendadak Anda terusik. Walau susah untuk konsentrasi pada pekerjaan yang ada, Anda duduk di meja Anda dan menggerakkan diri Anda untuk selalu jalan. Tapi berusaha untuk masih tetap konsentrasi membuat Anda grogi dan kuatir karena tidak menuntaskan suatu hal on time.

Anda barangkali sempat ke situ awalnya. Lain ini kali terjadi, istirahat sesaat saat Anda awalannya berasa fokus Anda turun. Segarkan diri dengan minuman dingin atau cemilan bergizi, jalanan sesaat, atau berjemur.

Tidak boleh bingung bila Anda berasa lebih konsentrasi, terpacu, dan inovatif saat kembali bekerja. Istirahat bisa menolong menggairahkan beberapa fungsi ini dan banyak.

7. Dengarkan musik

Dengarkan musik sekalian bekerja atau belajar bisa menolong tingkatkan konsentrasi Anda.

Riset memperlihatkan jika bahkan juga bila Anda tidak sukai dengarkan musik pada tempat kerja, memakai suara alam atau white noise untuk tutupi keributan background bisa menolong tingkatkan konsentrasi dan peranan otak yang lain..

Tipe musik yang Anda dengar bisa membuat ketidaksamaan. Beberapa pakar biasanya sepakat jika musik classic, khususnya musik classic barok atau suara alam, ialah opsi yang bagus untuk tingkatkan konsentrasi Anda.

Bila musik classic bukan kegemaran Anda, coba musik tanpa kata atau musik electronic. Menjaga supaya musik masih tetap tenang atau hindari keributan sekitaran supaya Anda tidak terusik.

, jauhi pilih musik yang Anda gemari atau tidak suka, karena ke-2 nya bisa mengusik.

8. Ubah pola makan Anda

Makanan yang Anda makan dapat memengaruhi fungsi kognitif seperti fokus dan memori. Hindari makanan olahan, gula berlebihan, dan makanan tinggi lemak. Cobalah makan lebih banyak makanan berikut untuk meningkatkan fokus:

  • Ikan berminyak (seperti salmon dan trout)
  • Telur (putih dan kuningnya)
  • blueberry
  • bayam

Minum cukup air dapat memiliki efek positif pada fokus. Bahkan dehidrasi ringan dapat membuat sulit untuk fokus atau mengingat informasi.

Sarapan pagi dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus pada hal pertama di pagi hari. Bertujuan untuk makan yang rendah gula dan tinggi protein dan serat. Oatmeal, yogurt tawar dengan buah, atau roti panggang gandum dengan telur adalah pilihan sarapan yang baik.

9. Minum kopi

Anda tidak perlu memasukkan kopi ke dalam diet Anda jika Anda ingin menghindarinya, tetapi kopi telah terbukti bermanfaat bagi fokus dan fokus Anda.

🔥 TRENDING :  Cara Mudah setting Aplikasi Ganda di Hp Samsung

Jika Anda merasa konsentrasi Anda menurun, pertimbangkan secangkir kopi atau teh hijau. Jika Anda tidak menyukai minuman berkafein, makan cokelat hitam — 70% kakao atau lebih — dapat memberikan manfaat serupa.

Fitokimia alami yang ditemukan dalam matcha, sejenis teh hijau, tidak hanya dapat meningkatkan fungsi kognitif tetapi juga meningkatkan relaksasi. Oleh karena itu, jika kopi cenderung membuat Anda gelisah atau mual, teh matcha bisa menjadi pilihan yang baik.

10. Latihan untuk meningkatkan fokus

Latihan fokus sering menolong anak yang susah fokus. Training psikis ini ialah mengenai fokus penuh di suatu kegiatan untuk periode waktu tertentu.

Coba kegiatan berikut ini:

  • Menggambar atau mencoret-coret di dalam 15 menit.
  • Sempatkan diri beberapa saat untuk melemparkan bola atau melemparkannya sama orang lain.
  • Mengatur timer sepanjang 3-5 menit. Coba untuk berkedip-kedip sesedikit mungkin.
  • Hirup sampai lolipop atau permen habis – turunkan kemauan untuk makan. Lihat rasanya, bagaimana rasanya di lidah, dan berapakah lama saat yang diperlukan untuk makan semua.

Sesudah menuntaskan satu aktivitas, minta anak Anda untuk menulis rangkuman singkat atau memvisualisasikan bagaimana pengalaman itu membuat mereka berasa. Anak kecil bisa secara mudah memvisualisasikan hati mereka dengan kalimat.

Beberapa catatan jika Anda harus benar-benar fokus

Nonaktifkan gangguan: Hal semacam ini terjadi pada saya ketika saya sedang bekerja dan menjelajahi Facebook atau TikTok secara tidak sengaja. Akhir-akhir ini saya sering terbangun dan mencoba menutup situs-situs ini segera. Saya memiliki banyak ekstensi produktivitas untuk Anda referensikan.

Jangan Terlalu Banyak: Ketika pikiran Anda mendung di sore hari, fokuslah pada satu hal pada satu waktu.

Kontrol postur: Saya biasanya mendapatkan kembali fokus dengan duduk dengan punggung lurus dan mata ke depan. Jika Anda meninggalkan tubuh Anda, Anda akan merasa sangat malas.

Olahraga ringan: Dulu saya malas dan tidak punya tenaga saat berangkat kerja. Sekarang ketika saya bangun pagi-pagi, saya berjalan-jalan di dekat rumah, kalau tidak saya perlahan-lahan kembali berlatih di malam hari.

Berorientasi pada tujuan: Ketika Anda melakukan sesuatu, Anda perlu fokus pada apa yang Anda inginkan dan perlu capai untuk memotivasi dan memberi tekanan pada diri Anda sendiri.

Membaca: Mengembangkan kebiasaan membaca juga berguna untuk melatih pemikiran dan konsentrasi Anda. Saya biasanya membaca buku 30 menit hingga 1 jam sebelum tidur.