Fitur iOS 15 Resmi Dibuka untuk Pengguna Perangkat Apple

Fitur iOS 15 Resmi Dibuka untuk Pengguna Perangkat Apple

Akhirnya, fitur iOS 15 meluncur menggantikan iOS 14 untuk semua pengguna perangkat Apple, dari iPhone sampai iPad. Setiap tahun pasti ada saja pembaruan dan inovasi dari raksasa teknologi, Apple.

Sebagai pengganti iOS 14, pembaruan ini sangat spektakuler, tampak pada eksklusivitas serta kemudahan penggunaannya. Sepertinya operating system lain belum ada yang mampu menandingi inovasi Apple.

Fitur iOS 15 yang Memudahkan

Pembaruan iOS 15 serta iPadOS 15 telah resmi dibuka untuk para pengguna secara umum, pecinta Apple wajib coba. Pada operating system terbaru ini ada banyak fitur tambahan terbaru, apa saja?

1. Focus

Fitur Focus adalah pengembangan lebih lanjut dari Do Not Disturb, lakukan berbagai kegiatan tanpa terganggu oleh notifikasi. Buat beragam profil di Focus sesuai kebutuhan pribadi masing-masing pengguna.

Misalnya ketika sedang sibuk kerja, mengaktifkan fitur Focus dengan tetap mengizinkan notifikasi pesan serta panggilan dari rekan kantor saja. Sehingga panggilan dan notifikasi lain tidak muncul dan mengganggu.

Focus ternyata bisa diaktifkan dengan jadwal tertentu, pengaturan pada Focus secara otomatis berlaku pada semua perangkat Apple. Jika diaktifkan dengan mode Work di iPhone, maka iPad juga terpengaruh.

2. FaceTime

Aplikasi FaceTime membawa banyak kelengkapan, bisa dicoba sendiri, namun ternyata beberapa dari mereka terpaksa ditunda. Kira-kira apa saja fitur baru pada aplikasi FaceTime ini sehingga membuat antusias?

3. SharePlay

Berfungsi untuk menonton film, musik, serta video menggunakan tampilan layar perangkat saat melakukan FaceTime. Pengguna bisa melihat reaksi lawan bicara secara langsung ketika menonton bersama.

Baca Juga:  Bocoran Terbaru Desain Samsung Galaxy S22 dan iPhone 14

4. Potrait Mode

Sebenarnya mode ini mirip mode potrait di kamera biasa, namun disini juga ada tambahan efek video bokeh. Hampir mirip seperti filter Instagram, bedanya ini langsung built-in di iPhone.

5. Voice Isolation Mode

Supaya panggilan FaceTime bisa lebih fokus walaupun dilakukan dalam kondisi ramai, maka aktifkan fitur Voice Isolation. Voice Isolation memungkinkan suara background mengganggu bisa tersaring sehingga tidak berisik.

6. Wide Spectrum Mode

Bersifat kebalikan dari Voice Isolation, Wide Spectrum membantu menangkap suara di sekitar sebanyak mungkin. Fitur ini cocok untuk melakukan panggilan suara ketika sedang memutar musik.

7. FaceTime Links

Siapa saja kini bisa bergabung pada panggilan FaceTime tanpa menggunakan device Apple. Caranya adalah masuk melalui tautan menuju akses panggilan FaceTime, bisa dibuka via website.

8. iCloud+

Facetime Fitur iOS 15

iCloud+ merupakan layanan subcription tambahan untuk fitur iOS 15, tersedia tiga fitur utama di dalamnya. Mulai dari Private Relay, HomeKit Secure, sampai Hide My Email, semuanya mempunyai fungsi masing-masing.

Private Relay fungsinya untuk menambah proteksi di devie iPhone atau iPad saat browsing melalui browser. Setiap data yang keluar akan di-enskripsi supaya tidak bisa terbaca oleh siapapun.

Sedangkan Hide My Email, akan membantu pengguna membuat alamat surel unik dan random. Biasanya untuk keperluan forum online atau website lain, sehingga keamanan data pengguna tetap terjaga.

Pemilik layanan tertentu tidak akan mengetahui alamat surel asli kamu, karena fitur ini seperti incognito. Pesan dari Hide My Email secara otomatis akan diteruskan ke alamat email asli pengguna.

Kemudian ada HomeKit Secure, dimana pengguna bisa merekam, melihat dokumen video, hingga menganalisis video dari CCTV. Dokumen video dalam iCloud tidak akan mengambil space dari iCloud Storage.

Baca Juga:  Intel Core 12th Gen dengan Performa Top dan Efisien

Semua device Apple memang mempunyai sistemnya sendiri, sehingga dari kelengkapan sampai keamanan semuanya terjamin. Fitur iOS 15 sangat direkomendasikan untuk para pecinta Apple sejati, karena sangat memudahkan kehidupan sehari-harimu.