Beginilah! Spesifikasi Laptop untuk Pelajar dari Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program digitalisasi untuk sekolah, termasuk pembelian laptop untuk siswa.

Spesifikasi laptop ini tertuang dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 2021 tentang Tata Cara Pengoperasian Dana Alokasi Bahan Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021.

Menteri Nadim mengatakan, pekan lalu, pihaknya melakukan upaya pemanfaatan produk nasional di bidang pendidikan, khususnya di bidang teknologi, melalui Merdeka Belajar.

PDN mengatakan biaya TIK dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Paling lambat tahun 2021, pihaknya akan mengirimkan 190.000 laptop ke 12.000 sekolah dengan anggaran Rp 1,3 triliun.

Kemudian 100% anggaran dihabiskan untuk laptop PDN dengan sertifikat TKDN.

Nadim mencatat bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan terus membelanjakan PDN di tahun-tahun mendatang.

Apalagi pemerintah telah mengalokasikan Rp2,4 triliun pada Dana Pendidikan Luar Biasa (DK) 2021 Tingkat Provinsi, Provinsi, dan Kota untuk pembelian 240.000 unit laptop, ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya mendukung komitmen pemerintah daerah dan Dinas Pendidikan untuk meningkatkan belanja PDN di bidang pendidikan.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (MenkoMarves) Luhut Binsar Panjitan mengumumkan bahwa pemerintah menargetkan penggunaan produk TIK sebesar Rp 17 triliun pada tahun 2024.

Kajian tersebut dilakukan melalui berbagai program seperti akses pasar, akses permodalan, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, kata Luhut.

Kemudian memperoleh PDN dengan bekerja sama dengan sekolah dan universitas profesional, serta membeli barang/jasa publik.

“Kita semua patut berbangga dengan peralatan TIK yang dibuat oleh anak negeri. Kita harus menjadi motor penggerak kemajuan negara kita,” kata Luhut dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 Juli 2021.

 

Spesifikasi Laptop untuk Pelajar dari Kemendikbudristek
Memori standar : 4 GB DDR4
Monitor : 11 inch LED
Processor : Core 2, Frekuensi > 1,1 GHz, Cache 1 M
Grafis : High Definition (HD) integrated
Hard drive : 32 GB
USB Port : USB 3.0
Networking : WLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n)
Audio : Integrated
Daya/power : Maksimum 50 watt
Operating system : Chrome OS
Device management : Ready to activated Chrome Education upgrade
Garansi : 1 tahun
Baca Juga:  Cara memilih laptop gaming terbaik dengan harga murah 2021

 

Source