Celah Berbahaya Di Fitur Group Video Call WhatsApp,Ungkap Kaspersky

Kaspersky baru saja mengungkapkan risiko keamanan yang mungkin timbul dari adanya fitur joining call/panggilan di fitur panggilan video grup WhatsApp. Seperti diketahui, WhatsApp telah mengumumkan adanya fungsionalitas baru untuk fungsi panggilan video grup.

Fitur ini memungkinkan siapa saja untuk bergabung dengan panggilan video grup yang sedang berlangsung, bahkan jika mereka melewatkannya. Jadi tidak perlu mengulang video call grup saat ada yang mau ikut chat.

Menurut peneliti keamanan senior Kaspkersky, Viktor Chebyshev, WhatsApp bukanlah aplikasi pertama yang memiliki kemampuan ini. Sebelumnya, fungsi yang sama tersedia di Microsoft Teams.

“Namun, untuk alasan keamanan, kemampuan untuk berpartisipasi dalam panggilan yang sedang berlangsung dapat meningkatkan risiko penyadapan,” kata Victor dalam keterangan resmi yang diterima, Senin, 26 Juli.

Victor mengatakan hal itu bisa terjadi jika penyerang berada dalam satu grup WhatsApp yang sama dengan korban, sehingga tidak sulit untuk berkomunikasi dengan panggilan yang sedang berlangsung.

Penyerang harus menunggu sebagian besar peserta bergabung dan berharap mereka dapat bergabung tanpa terdeteksi. Penyerang tidak perlu menunggu lama untuk memulai pencarian, karena mereka dapat terhubung kapan saja.

Namun, anggota grup, terutama administrator, dapat memantau peserta dan memastikan bahwa orang asing tidak berpartisipasi. Selain itu, WhatsApp juga menjamin privasi pertukaran atau grup menggunakan enkripsi end-to-end.

“Baik aplikasi itu sendiri maupun siapa pun yang mencoba memulai serangan man-in-the-middle tidak dapat mencegat percakapan atau panggilan konferensi, termasuk panggilan konferensi,” lanjut Victor.

Victor juga mengatakan bahwa sebagian besar malware sejauh ini masih fokus pada pembajakan pesan WhatsApp dan obrolan online yang diarsipkan. Kaspersky belum mendeteksi insiden intersepsi panggilan, terutama panggilan konferensi.

Dia hanya mengatakan bahwa ketika sebuah perangkat terinfeksi virus, Trojan sangat mungkin untuk merekam mikrofon dan kamera perangkat sehingga penyerang dapat menguping percakapan apa pun.

Baca Juga:  Cara Kirim Pesan WhatsApp Saat Hp Mati Lowbatt

“Tidak masalah saluran komunikasi apa yang Anda gunakan, apakah itu pesan instan atau panggilan telepon biasa,” kata Victor di akhir pernyataannya.

source