Program Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud Diperpanjang hingga Desember 2021

Kabar gembira bagi para pelajar dan pendidik yang masih melakukan proses belajar mengajar secara online.

Pasalnya, pemerintah akan terus menggelar Program Subsidi Kuota Internet Gratis hingga Desember 2021.

Pemerintah akan terus memberikan dukungan kelas internet gratis kepada siswa dan guru melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2021.

Berikut informasi bagaimana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dapat mendaftarkan dukungan kuota gratis internet untuk distribusi pada tahun 2021.

Setelah masa distribusi berakhir pada Mei 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana memperpanjang pendanaan kuota internet gratis hingga Desember mendatang.

Pelajar dan pendidik yang melanjutkan kegiatan belajar daring kini dapat mengajukan permohonan bantuan kelas internet 2021 gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penyaluran bantuan gratis kepada Ikatan Internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditujukan kepada pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen untuk jangka waktu enam bulan atau hingga Desember 2021.

Bantuan kuota internet gratis ini didistribusikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan tersedia untuk banyak penyedia layanan seperti Smartfren, Tri, Telekomsel, Indosat, XL dan By.U.

Bagi yang tidak menerima dukungan atau mengubah nomor, Anda dapat mengakses daftar dukungan kuota internet gratis dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:

Cara Mendaftar Gratis Kutipan Internet Bantuan

1. Calon penerima manfaat harus menyampaikan laporan kepada Kepala Unit Pengajaran sebelum masa pendistribusian untuk mendapatkan bantuan kuota.

2. Kepala atau penyelenggara satuan pendidikan wajib mengunduh SPTJM versi revisi atau versi baru dari https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau https://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).

Kebijakan pakar untuk mempromosikan peluang internet gratis bagi mahasiswa, dosen dan dosen dibahas dengan kementerian dan lembaga terkait.

“Kami telah mengalokasikan dana sebesar Rp 5,54 miliar (tambahan anggaran) hingga Desember sebesar Rp 8,53 miliar,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers “Penilaian Pelaksanaan Kedaruratan PPKM” pada Sabtu, Juli. Dia berkata. 17, 2021..

Diketahui, bantuan bersyarat Internet gratis ini merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan pada Maret, April, dan Mei 2021.

Berikut rincian kuota internet gratis dari Kemendikbud:

1. Pendidikan Anak Usia Dini: 7 GB per bulan

2. Siswa SD dan SMP: 10 GB per bulan

3. Pendidikan PAUD, SD, dan SMP: 12 GB per bulan

4. Dosen dan mahasiswa: 15 GB per bulan.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, siapa pun yang mendapatkan bantuan kuota internet secara gratis untuk tahun 2021 harus memenuhi beberapa persyaratan sesuai kriteria yaitu:

Siswa di PAUD dan di tingkat dasar dan menengah

1. Terdaftar di sistem Dabodic

2. Memiliki nomor handphone yang aktif atas nama siswa/orang tua/anggota keluarga/wali.

Mahasiswa atau mahasiswa

1. Terdaftar di sistem PDDikti

2. Status aktif dalam kursus atau gelar ganda

3. Memiliki nomor handphone yang aktif.

PAUD dan guru di tingkat dasar dan menengah

1. Terdaftar dan aktif di sistem Dapodik

2. Memiliki nomor handphone yang aktif.

Profesor atau dosen universitas

1. Terdaftar dan aktif di sistem PDDikti

2. Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP)

3. Memiliki nomor handphone yang aktif.

Jika mereka mendapatkan bantuan, hanya penerima yang dapat mengakses aplikasi Pembelajaran. Program Bantuan Kelas Internet Gratis Kemendikbud 2021 tidak dapat digunakan di media sosial Instagram, Twitter, atau TikTok.

Hal ini terkait dengan informasi pembagian hibah kuota internet gratis yang akan segera diberikan kepada penerima manfaat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Desember 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *