Cara mudah Partisi Hardisk di Windows 7 tanpa Instal Ulang

Seseorang yang terbiasa menggunakan Laptop/komputer tentu tidak asing dengan harddisk. Perangkat ini berperan penting dalam menyimpan semua data di Laptop. Selain itu, tempat penyimpanan data ini juga dapat dibagi sesuai dengan ruang yang dibutuhkan oleh Laptop. Dengan mempartisi harddisk dapat memudahkan pengguna dan sistem untuk bekerja secara optimal dan efisien.

Partisi hard disk adalah salah satu metode yang digunakan untuk  pengelolaan data yang lebih efisien. Partisi di Laptop itu seperti Ruang/kamar, di mana setiap ruang memiliki kontennya sendiri. Adapun sejumlah besar partisi di Laptop, kita dapat mengaturnya sendiri agar laptop bekerja secara efektif.

Saat mempartisi hard drive, ini harus dilakukan dengan hati-hati, jika Anda membuat partisi yang salah, Anda mungkin kehilangan semua data. Oleh sebab itu, selama proses Membuat partisi, pastikan dilakukan dengan cara yang benar. Jadi, bagaimana cara mempartisi hard disk dengan benar dan benar? Cek penjelasan berikut.

Mempartisi hard disk terdiri dari pembagian logis ukuran hard disk menjadi beberapa bagian. Ini penting saat membeli harddisk baru, jadi sebelum menggunakannya, Anda harus mempartisi dan memformat harddisk agar lebih mudah mengatur file.

Cara mempartisi hardisk yang cocok untuk sistem operasi Windows yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Windows 7, Simak langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama buka Start Menu > klik kanan pada My Computer > lalu pilih Manage.

2. Kemudian akan muncul jendela Computer Management > pilih Disk Management > disana anda akan melihat daftar partisi anda.

3. Selanjutnya, pilih partisi yang akan Anda bagi menjadi partisi baru.

4. Klik kanan, pilih Shrink Volume.

5. Silahkan hitung kapasitas untuk membuat partisi baru dengan membagi ukuran partisi dengan H. Setelah selesai, klik Shrink.

6. Selanjutnya, hitung kapasitas untuk membuat partisi baru dengan membagi ukuran partisi dengan H. Jika sudah, klik Shrink.

7. Perlu diingat bahwa status ini berarti belum selesai dan tidak dapat digunakan. Untuk menyelesaikannya, Anda perlu memformat partisi terlebih dahulu.

8. Silahkan klik kanan Unallocated > Select New Simple Volume > Please Set As Is > Next sampai selesai.

9. Jika Anda berhasil. Status partisi yang tidak terisi akan menjadi drive utama atau logis.

10. Partisi sudah bisa digunakan.

Selain untuk memudahkan pengorganisasian file, partisi hard disk juga digunakan untuk memisahkan sistem operasi yang satu dengan yang lainnya.

Jika Anda menggunakan Windows 8, cara mempartisi hard drive untuk Windows 8 adalah sebagai berikut:

1. Langkah pertama buka menu Advanced User dengan menggabungkan WinKey + X lalu pilih Disk Management.

2. Selanjutnya, dari daftar partisi, pilih partisi yang ingin Anda pisahkan dengan cara klik kanan lalu klik atau pilih Shrink Size.

3. Kemudian Anda dapat memilih ukuran yang ingin Anda buat. Isi dengan ukuran yang diinginkan, setelah selesai pilih Shrink.

4. Setelah itu akan muncul partisi baru dengan status “Unallocated”. Untuk dapat mengisinya dengan data, Anda perlu membeli volume di bagian ini. Untuk melakukan ini, klik kanan dan pilih “Volume Sederhana Baru”.

5. Nanti akan muncul partisi baru dengan status “Unallocated”. Untuk dapat mengisinya dengan data, Anda perlu membeli volume di bagian ini. Caranya klik kanan dan pilih “New Simple Volume”.

6. Selanjutnya, pada titik ini, Anda perlu memilih ukuran volume pada partisi ini. Anda dapat mengubahnya sesuka Anda atau membiarkan nomor default secara maksimal. Pilih Berikutnya untuk langkah selanjutnya.

7. Selanjutnya pilih “Assign Next Drive Letter” lalu pilih huruf yang diinginkan. Setelah selesai, pilih Berikutnya.

8. Pada titik ini, Anda dapat memilih untuk tidak memformat bagian ini atau memformatnya dengan beberapa konfigurasi. Tetapi jika Anda ingin isi partisi bersih, Anda dapat memilih opsi untuk memformatnya. Pilih NTFS sebagai sistem file, ukuran unit alokasi, dan nama partisi. Pastikan “Lakukan format cepat” dicentang agar proses pemformatan cepat. Setelah selesai, pilih Berikutnya.

9. Terakhir, akan muncul ringkasan pengaturan yang Anda buat sebelumnya. Jika Anda ingin menggantinya

Sekali lagi, pilih Kembali. Namun jika menurut Anda semuanya sudah benar, pilih Finish.

10. Oleh karena itu, bagian baru juga muncul di Manajemen Disk dan Explorer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *