Manfaat Konsumsi Teh Jahe Tiap Hari,Untuk Kesehatan Tubuh

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang dikenal dapat menjaga kesehatan tubuh. Bahkan jahe bisa menjadi obat herbal untuk beberapa gangguan pencernaan. Beberapa orang bisa mengonsumsi jahe dengan cara memasak jahe segar yang ditumbuk dalam air lalu disaring.

Menurut Dr. P.S Phakde dalam bukunya “Home Doctor” dapat mengobati alergi air jahe atau teh jahe, masuk angin, arthritis, bahkan gangguan ginjal.

Namun, Direktur Nutrisi di Good House Keeping Institute di Jacqueline London, MS, RD, CDN mengatakan air jahe bukanlah minuman detoksifikasi.

Jika Anda mengonsumsi air jahe atau teh jahe setiap hari, Anda akan merasakan berbagai perubahan positif yang terjadi. Berikut empat hal yang terjadi saat Anda mulai meminum air jahe atau teh jahe setiap hari, seperti dilansir berbagai sumber.

Tingkatkan kekebalan

Jahe memiliki sifat anti-bakteri, anti-oksidan, dan anti-inflamasi yang sangat baik. Makanya, ramuan tersebut dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum teh jahe tidak hanya membantu melawan banyak penyakit, tetapi juga melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Air jahe atau teh jahe dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan sakit tenggorokan. Pasalnya, efek antimikroba jahe dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Meredakan nyeri lutut

Manfaat lain dari mengonsumsi teh jahe adalah dapat meredakan banyak sakit dan nyeri tubuh. Khasiat anti inflamasi pada jahe dapat meredakan nyeri otot dan sendi kaku, bahkan meredakan gejala artritis dan osteoporosis.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa pasien dengan osteoporosis mengalami lebih sedikit rasa sakit di lutut mereka dan mengonsumsi ekstrak jahe.

Dapat Mengontrol gula darah

Sebuah penelitian di University of Sydney menemukan bahwa jahe dapat mengontrol glukosa darah melalui sel otot. Ekstrak jahe dapat meningkatkan pengambilan glukosa dalam sel otot yang tidak bergantung pada insulin.

Membantu menurunkan kadar kolesterol

Jahe juga bisa menjadi pengobatan kolesterol alami. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Orang dengan kolesterol tinggi bisa mengonsumsi jahe setiap hari. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan, dan Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk meminimalkan efek samping.