Tips Cara memilih laptop yang bagus untuk pemula

Meski terkadang sudah menjadi kebutuhan pokok, tidak semua orang bisa memilih laptop terbaik untuk mereka. kenapa? Hal ini dikarenakan tidak semua orang bisa memodifikasi spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, berbagai jenis merek di pasar juga diperhitungkan. Saat memilih laptop, Anda harus memiliki pilihan yang tepat agar laptop dapat bertahan lama dan tetap awet.

Laptop merupakan perangkat elektronik yang dapat melakukan apa saja, asalkan pengguna mengerti cara menggunakannya. Untuk itu perlu disesuaikan perangkat dengan kebutuhan penggunanya, sehingga dapat menjadi laptop terbaik yang dapat ditingkatkan saat menggunakannya. Bagi yang mungkin baru mengenal perangkat ini, mungkin akan bingung dengan harga, merek, atau tampilan laptop tersebut.

Ada beberapa yang terlihat norak tapi sangat mahal. Ada juga yang terlihat mewah dengan banyak fitur bagus tapi harganya tidak terlalu mahal. Perlu Anda ketahui apakah laptop Anda terlalu mahal atau tidak terpengaruh dengan spesifikasi produk. Nah, agar Anda tidak bingung lagi. Yuk, simak ulasan berikut tentang cara memilih laptop untuk pemula.

Cara memilih laptop yang bagus untuk pemula

Bagi yang masih baru menggunakan laptop, wajar jika Anda masih bingung dalam memilih perangkat tersebut. Jadi, Anda perlu mengikuti panduan untuk memilih laptop terbaik yang memenuhi kebutuhan Anda.

1. Ukuran laptop

Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran laptop Anda. Ukuran laptop adalah ukuran layar perangkat. Banyak merek laptop biasanya memiliki ukuran layar 12,5″ hingga 17,3″ yang beratnya bisa mencapai 1-2kg.

Baca Juga :   Beginilah! Spesifikasi Laptop untuk Pelajar dari Kemendikbudristek

Bagi Anda yang membutuhkan portabilitas yang hebat, Anda harus memilih laptop yang ringkas dan ringkas. Ini akan sangat membantu Anda untuk menggunakannya karena akan sangat mudah dibawa.

2. Jenis dan ukuran media penyimpanan

Tak heran jika Anda sering membeli media penyimpanan perangkat elektronik. Laptop memiliki dua jenis penyimpanan, SSD dan HDD. Kedua jenis media penyimpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Harddisk merupakan unit penyimpanan berkapasitas besar yang tidak mahal namun memiliki kecepatan sebesar SSD. Sementara SSD adalah penyimpanan yang sangat mahal untuk ukurannya yang kecil, ia memiliki kecepatan cepat karena teknologinya yang lebih baru. Makanya tidak heran jika banyak merek laptop kini mulai menggunakan harddisk tipe SSD karena lebih cepat.

3. Kapasitas RAM

Berikutnya adalah kapasitas RAM. Semakin banyak RAM yang dimiliki sebuah laptop, semakin cepat ia dapat digunakan. Jika Anda seorang gamer atau programmer, maka tidak diragukan lagi Anda harus mencari laptop dengan spesifikasi RAM yang tinggi. Namun, bagi yang biasa menggunakan laptop, Anda bisa mengaturnya dengan RAM yang tidak terlalu besar seperti 4-6 GB.

4. Daya tahan baterai

Pertimbangan keempat yang harus diperhatikan adalah daya tahan baterai. Ini sesuai dengan jumlah RAM yang Anda miliki. Semakin banyak RAM yang dimiliki suatu perangkat, tentu saja semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankannya, yang menghabiskan banyak baterai.

Itu sebabnya Anda perlu memperhatikan masa pakai baterai laptop Anda. Tentu saja, ini memiliki daya tahan baterai yang lama. Jangan biarkan diri Anda menjadi RAM tinggi tetapi daya tahan baterai rendah. Ini bisa sangat berbahaya untuk laptop Anda.

5. Kualitas layar

Saat ini, laptop sudah memiliki dua jenis layar, LED dan LCD. Tampilan LED diketahui menghemat listrik tetapi tidak terlalu terang saat digunakan di luar ruangan atau di luar ruangan. Meskipun layar LCD memiliki kecerahan lebih dari LED, sangat berguna untuk penggunaan di luar ruangan.

Baca Juga :   Cara memilih laptop gaming terbaik dengan harga murah 2021

6. Konektvitas yang Lengkap

Saat ini, wifi adalah koneksi yang paling penting. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa koneksi wifi ini ada di perangkat. Pastikan juga laptop Anda memiliki port USB, LAN, dan HDMI/VGA. Ini adalah port umum yang biasanya Anda gunakan di beberapa titik.

7. Merek laptop

Branding laptop bisa menjadi pilihan yang sangat membingungkan. Merek komputer laptop yang populer antara lain: Apple, DELL, Lenovo, Asus, HP, Acer, Toshiba bahkan merek Xiaomi. Biasanya setiap jenis laptop memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, Anda bisa memilih merek laptop terbaik dengan melihat secara detail spesifikasi laptop yang Anda inginkan. Coba bandingkan dua laptop terbaik pilihan Anda dan bandingkan secara detail. Kemudian Anda dapat memilih laptop berdasarkan fitur yang dapat mendukung kinerja Anda.

8. Prosesor

Yang terakhir adalah prosesor. Prosesor laptop terus berkembang. Jika dulu kita mengenal Pentium, maka saat ini telinga sudah terbiasa dengan bahasa “kernel”. Core sendiri merupakan prosesor merek Intel. Tak hanya itu, AMD juga merupakan brand handal yang setara dengan Intel.

Meski sudah terbukti performa Intel lebih baik dari AMD. Semakin tinggi inti laptop, semakin baik kinerja yang dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *